Kamis, 07 November 2013

Beberapa Penyebab Induk Hamster Memakan Anaknya


By : Musfian Agung K.


Sering kali kita bertanya - tanya "kenapa ya hamster aku makan anaknya sendiri ?? padahal makanan di kandangnya udah aku lebihin loohh !!".

Hal yang sering kali disalah artikan kebanyakan hobbiest adalah ketika makanan di kandang banyak itu berarti nutrisinya tercukupi, padahal nutrisi sang hamster BELUM TENTU tercukupi !!!


Penyebab fakta di atas adalah :

1. Karena adanya perbedaan kandungan nutrisi disetiap jenis pakan yang ada di dunia ini, antara satu jenis pakan dengan jenis pakan lainnya memiliki kombinasi kandungan nutrisi yang jauh berbeda (tp ada jg sih yg beda dikit :P). Hal inilah yang menjadi kunci sekaligus masalah dalam terpenuhi atau tidaknya kandungan nutrisi pakan yang anda berikan kepada hewan piaraan anda.

Ketidak tahuan si peracik pakan hamster akan kebutuhan protein kasar, kalsium, dan lemak pada hamster merupakan masalah yang paling sering ditemui. Hal ini pula yang membuat racikan pakan hamster di Indonesia sering kali tidak sesuai dengan standar nutrisi yang diperlukan hamster. Bisa jadi pakan racikan yang anda berikan saat ini ternyata defisiensi(kekurangan) suatu nutrisi tertentu yang diperlukan si hamster atau mungkin malah ternyata kelebihan suatu nutrisi tertentu (bedoa aja mudah2an kgk).

Nutrisi sendiri dibagi kedalam dua golongan yaitu makro dan mikro. Makro nutrient adalah nutrisi yang diberikan dalam jumlah yang besar, sedangkan mikro nutrient adalah nutrisi yang diberikan dalam jumlah kecil. Apabila nutrisi tidak diberikan sesuai dosisnya tentunya akan banyak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan oleh si pemilik.

Yang termasuk kedalam mikro nutrient adalah Vitamin dan Mineral, sedangkan yang termasuk dalam makro nutrient adalah Air, Karbohidrat, Protein, dan lipid/lemak.

berikut contoh tabel kandungan nutrisi dr beberapa jenis pakan:


  
Nah dari penjelasan di atas bisa di tarik kesimpulan. Walaupun di kandang hamster anda terisi penuh dengan pakan racikan yang anda beli ataupun racik sendiri, pakan tersebut belum tentu memenuhi standar nutrisi yang diperlukan. Apabila hamster anda defisiensi terhadap nutrisi tertentu maka tentunya hamster anda akan memakan "sesuatu" guna memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Perlu diketahui pula kebutuhan nutrisi antara hamster yang baru sapih, dewasa, dan menyusui itu berbeda. Untuk kebutuhan hamster secara umum diperlukan kandungan Lemak di pakannya sekitar 6-7%, kalsium 2-3%, dan protein 16-22%. Untuk hamster yang menyusui perlu asupan kalsium dan protein yang maksimal untuk menyusui anak - anaknya. Pakan yang sehari - hari anda berikan untuk hamster anda yang tidak hamil belum tentu nutrisinya bisa memenuhi nutrisi ketika hamster tersebut hamil.

2. Induk hamster kekurangan gizi karena selama dipelihara tidak mendapatkan makanan yang punya gizi seimbang (hanya dikasih makan kuaci aja, beras aja atau racikan asal2an). Pada saat melahirkan sang induk kehilangan banyak tenaga jika induk kekurangan gizi hal itu bisa memperburuk keadaannya. Biasanya sang induk tidak kuat untuk menyusui (proses menyusui banyak menyedot nutrisi dalam tubuh induk) sehingga anak2nya dibiarkan terlantar. Anak yang mati terlantar tersebut akan dimakan oleh induknya untuk memperoleh nutrisi yang dibutuhkan (bayi hamster mengandung nutrisi yang tinggi). Ada juga anak yang mati saat dilahirkan, kemudian dimakan oleh induk untuk menambah nutrisi.

3. Lemah atau cacat genetik sehingga dibiarkan mati. Induk hamster bisa tau mana anaknya yang lemah atau cacat secara genetik. Biasanya anak tersebut dipisahkan oleh induknya & tidak disusui. Itu adalah naluri alami dari hamster. Sang induk terpaksa harus mengurangi "beban" demi menyusui keturunannya yang lebih "siap" hidup. Jika induk kekurangan gizi, maka anak yang mati tadi akan dimakan. Jika induk cukup gizi anak yang mati tadi tidak akan dimakan, kecuali mayat bayi tersebut mulai membusuk karena tidak diangkat oleh pemiliknya, akan dimakan induknya guna menghindari penyakit yang disebabkan oleh pembusukan tadi.


4. Induk hamster yang baru saja melahirkan, bisa stres bila mendengar suara gaduh di sekelilingnya. Stres bisa mendorongnya untuk memakan anak-anaknya sendiri.

Sekian artikel Beberapa Penyebab Induk Hamster Memakan Anaknya saya buat. Bila ada yang kurang jelas, bisa berkomentar dibawah ini.


0 komentar:

Posting Komentar